Rabu, 22 Juni 2011

Membagi Koneksi Internet pada LAN

Sebuah router dengan fungsi dedikasi dijual di pasaran dengan harga mulai dari Rp 500.000 hingga lebih dari Rp 2.000.000. Harga tersebut relatif mahal bila dipakai pada jaringan kecil dan menengah. Padahal fungsi router sendiri cukup penting dalam jaringan komputer.
Sebenarnya sebuah personal komputer (PC) dapat dijadikan router. Tak perlu PC dengan spesifikasi yang tinggi, komputer dengan spesifikasi rendah pun bisa dibuat dan dimanfaatkan, asal fungsi router pada sistem operasi Windows diaktifkan.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membagi koneksi internet menggunakan Windows XP Profesional :

1. Log on ke host komputer sebagai Administrator
2. Klik Start dan klik Control Panel
3. Klik Network and Internet Connections
4. Klik Network Connections
5. Klik kanan pada Connection yang Anda gunakan untuk koneksi ke internet. Sebagai contoh, jika Anda koneksi ke internet dengan menggunakan modem dial up, klik icon Connection yang akan dipake untuk koneksi dial up
6. Klik Properties
7. Klik Tab Advanced
8. Pada Internet Connection Sharing, beri tanda pada kotak Allow other network users to connect through this computer's Internet connection.
9. Jika Anda membagi koneksi dial-up, beri tanda pada kotak Establish a dial-up connection whenever a computer on my network attempts to access the Internet jika Anda memberikan izin komputer Anda untuk dikoneksi secara otomatis.
10. Klik Ok, lalu Anda mendapatkan pesan :
When Internet Connection Sharing is enabled, your LAN adapter will be set to use IP address 192.168.0.1. Your computer may lose connectivity with other computers on your network. If these other computers have static IP addresses, it is a good idea to set them to obtain their IP addresses automatically. Are you sure you want to enable Internet Connection Sharing?
11. Klik Yes

Dengan melakukan langkah tersebut di atas maka koneksi ke internet kini telah dibagi ke dalam jaringan lokal (Local Area Network / LAN) dengan konfigurasi IP statik dengan IP address 192.168.0.1 dan subnet mask 255.255.255.0

Penting untuk diingat, sistem operasi Windows yang digunakan sebagai router rentan terinfeksi oleh virus. Router yang berupa fisik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar